Tantangan Kepemimpinan di Era Millenium

Suatu hari Anton sedang melakukan exit interview kepada Budi, salah satu karyawan yang mengajukan pengunduran diri 2 (dua) hari yang lalu. Sebagai seorang HRD Manager, Anton perlu mengetahui apa yang mendasari Budi untuk keluar dari organisasi, karena hal ini adalah kali ke-3 karyawan yang mengundurkan diri dalam 1 bulan terakhir. Sebelum melakukan  interview, Anton memeriksa track record Budi selama 2 tahun bergabung di organisasi, Anton menyimpulkan bahwa Budi termasuk salah satu karyawan yang potensial bagi organisasi, karena hasil dari penilaian kinerjanya mendapat nilai A selama 2 tahun berturut-turut. Dimata rekan-rekannya, Budi memang orang yang kreatif, enerjik serta memiliki banyak ide didalam melakukan sesuatu yang baru.

Hasil dari interview tersebut adalah Budi menyatakan bahwa selama bergabung 2 tahun dengan organisasi, dia merasa atasannya kurang dapat melihat aspirasinya dan juga dia merasa kurang mendapat pengembangan yang dapat meningkatkan value dirinya. Menurut Budi, atasannya sudah membangun hubungan yang cukup baik, akan tetapi hal tersebut belum cukup baginya. Akhirnya Anton dapat menyimpulkan, pengelolaan karyawan dengan usia tim yang relatif muda seperti Budi, seyogyanya seorang pemimpin memiliki pendekatan yang berbeda di dalam memahami kebutuhan anggota timnya.

Kepemimpinan pada era millennium ini, membutuhkan seorang pemimpin yang mampu memberikan pengaruh bagi timnya dengan memiliki visi yang jelas dan mengispirasi, mendorong inisiatif serta mengembangkan mereka. Mengutip ungkapan John Maxwell “Kepemimpinan berarti pengaruh, segala sesuatu bangkit dan jatuh bersama dengan kepemimpinan”, artinya seorang pemimpin yang baik mampu mempengaruhi dan menggerakan timnya menuju sasaran yang telah ditetapkan dan di sepakati bersama.

Kemampuan mempengaruhi ini tidaklah muncul dengan tiba-tiba, akan tetapi seorang pemimpin perlu memiliki daya tarik yang membuat mareka mau melakukan. Ralph Lauren mengatakan “Seorang pemimpin memiliki visi dan keyakinan bahwa mimpi dapat dicapai, dan menginspirasi energi untuk menyelesaikannya”  Daya tarik diibaratkan sebuah magnet yang mampu manarik logam, di mana orang lain akan mendekat dengan sendirinya tanpa disuruh. Daya tarik dapat berupa visi yang jelas dan mampu menginspirasi mereka untuk mencapainya, karena menurut Joel Arthur Barker “ Visi tanpa tindakan hanyalah sebuah mimpi, tindakan tanpa visi hanya melewati waktu, visi dengan tindakan dapat merubah dunia”.

Mendorong timnya untuk dapat memiliki gagasan dan ide, merupakan tantangan tersendiri bagi pemimpin saat ini, pemimpin yang penuh dengan ide atau gagasan baru akan lebih dihargai oleh anggota tim. “Tanpa pertumbuhan yang berkelanjutan dan kemajuan, kata-kata seperti perbaikan, prestasi dan kesuksesan tidak ada artinya” (Benjamin Franklin). Ide atau gagasan anda perlu disesuaikan dengan kemampuan tim, bila dirasa ide anda kurang dapat menjawab permasalahan yang ada, maka libatkan anggota tim untuk menjadi bagian didalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Kemampuan pemimpin di dalam memberdayakan anggota tim, dimulai dari mengidentifikasi kebutuhan tim, hindari menyamaratakan kebutuhan tim, karena tugas mereka berbeda-beda, sehingga pendekatan dalam melakukan pengembangan mereka pun berbeda. Pemimpin harus mampu menterjemahkan dan memberi arahan tentang sasaran dan peran dari anggota timnya, yang disesuaikan dengan kemampuan dan tugasnya masing-masing. Bukan hal yang mudah bagi pemimpin didalam melatih timnya dengan baik, hal ini dapat dipengaruhi banyak faktor, bisa karena ketidakmampuan pemimpin didalam penguasaan tugas atau pemimpin yang tidak pernah mengindentifikasi terlebih dahulu kemampuan timnya.

Pada akhirnya, berhasil tidaknya seorang pemimpin dapat diukur dari seberapa berhasilnya dia didalam melakukan proses regenerasi, John C Maxwell mengatakan “ Nilai seorang pemimpin yang langgeng akan diukur oleh suksesi ”, Regenerasi tidak dapat dilakukan secara instan, akan tetapi memerlukan proses, pemimpin perlu mengawal proses tersebut sehingga mampu menciptakan pemimpin baru yang siap untuk menggantikan dirinya dimasa depan.

 LCF

Bayu Setiaji

VP Delivery PT Lutan Edukasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *