Tatangan Pemimpin Dalam Memberikan Pengaruh Dan Keteladanan

Suatu siang, disalah satu kafe  yang berdekatan dengan kompleks perkantoran, Deny dan Monica sedang mendiskusikan atasan mereka yang baru 3 bulan memimpin unit marketing. “Saya tidak habis pikir dengan Pak Rudi, dua hari yang lalu meminta agar saya fokus mengelola kelompok klien automotif, eh..tadi pagi dia bilang saya harus fokus pada klien perbankan dengan alasan yang kurang jelas” cerita Deny, “ Kamu masih lebih baik Den….saya kemaren ditegur di depan yang lain karena terlambat 20 menit masuk kantor, tapi tadi saya lihat dia hampir lebih dari 30 menit terlambat” timpal Monica.

Deni berkata “Sekarang saya jadi bingung apa yang harus saya lakukan, tidak ada arahan yang jelas bagaimana caranya handle account perbankan, apalagi background saya adalah teknik”, “sebenarnya maunya Pak Rudi itu apa sih….”sungut Deny kesal. “Sudahlah…Den, kita khan hanya staf yang harus ikuti maunya Bos, terkadang untuk level kita harus lebih banyak bersabar…” sahut Monica untuk meredakan emosi Deny.

Perbicangan diatas mungkin terjadi juga di organisasi kita, di mana karyawan sering kali membicarakan mengenai gaya kepemimpinan dari atasannya, yang dirasa kurang “update” dengan dinamika timnya. Seringkali para pemimpin merasa dirinya sudah melakukan hal yang benar, apalagi dengan kesuksesan yang dicapai di tahun-tahun sebelumnya, hal itu makin melengkapi pembenaran terhadap dirinya.

Hal yang perlu diingatkan kembali bagi pemimpin seperti contoh di atas adalah kondisi organisasi, lingkungan, tantangan, karakter tim akan selalu berubah seiring dengan berjalannya waktu. Michael Hammer mengatakan “Jika anda pikir anda hebat, berarti anda akan mati. Keberhasilan di masa lalu tidak punya implikasi terhadap keberhasilan di masa depan”, sekali lagi, para pemimpin perlu mencermati kalimat Hammer tersebut, agar “update” dengan perubahan yang ada.

Bila kita mencermati dinamika kepemimpinan saat ini, pemimpin yang “update” adalah pemimpin yang mampu melihat kekurangan dirinya dan selalu mendorong dirinya untuk belajar dengan kondisi dan situasi yang ada. Menurut John Maxwell “Leadership is influence, Everything rises and falls on leadership”, hal yang sama juga dikatakan Ken Blanchard dalam bukunya One minute Manager menyatakan ” The key to successful leadership in influence, not authority”.

Bagaimana bila seorang pemimpin mampu memberikan pengaruh yang kuat kepada timnya, bila dia tidak “update” kondisi yang ada? Jawabannya adalah akan tingkat pengaruhnya semakin pudar atau cenderung memaksakan kehendaknya dengan memanfaatnya kekuasaan yang dimilikinya.

Beberapa indikator yang dapat meningkatkan pengaruh dan keteladanan seorang pemimpin :

Pertama, seberapa besar kredibiltas dan integritas seorang pemimpin di mata timnya? Mengutip ucapan Presiden AS ke 34 Dwight D Eisenhower yang menyatakan “The supreme quality for leadership is unquestionably integrity”, dengan kata lain tanpa integritas maka pengaruh keteladanan pemimpin akan menjadi hilang.

Kedua, Seberapa jelas visi dapat mencapai kesuksesan? Joel Arthur Barker dalam bukunya Discovering the Future mengatakan “Vision without action as merely a dream. Action without vision just passes the time. Vision with action can change the world”, dengan kata lain pemimpin perlu memiliki visi serta menjabarkannya menjadi rencana aksi yang jelas, akan dapat mencapai kesuksesan.

Ketiga, seberapa banyak pemimpin memberikan peluang dan keyakinan bahwa timnya dapat berkembang? Menurut Wareen G Bennis “Leaders should always expect the very best of those around them. They know that people can change and grow”. Jika pemimpin yang mampu memberdayakan timnya menjadi sehebat dirinya atau bahkan melebihi, maka dia akan memberikan pengaruh keteladanan yang luar biasa bagi yang lain.

Ketiga indikator diatas, merupakan cermin bagi kita sebagai pemimpin, apakah kita sudah mampu memberikan pengaruh dan keteladanan bagi tim kita?

LeadershipChallangeFramework

BAYU SETIAJI

VP DELIVERY PT LUTAN EDUKASI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *